Friday, June 21, 2013

Avokad (Persea gratissima Gaerth)



















Nama ilmiah: Persea gratissima Gaerth

Khasiat Avokad (Persea gratissima Gaerth) 
 
Avokad mengandung semua zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dalam sebuah avokad ukuran sedang (100 gram) terkandung protein (4 gram), serat (10 gram), kalium (1,204 mg), fosfor (82,4 mg), magnesium (78,4 mg), kalsium (22 mg), natrium (20 mg), zat besi ( 2 mg) dan asam folat (124,6 mg) serta vitamin dan mineral lainnya.
Untuk ibu hamil: sangat baik dikonsumsi sejak awal kehamilan, karena membantu proses tumbuh kembang janin. Kandungan asam folatnya memenuhi 8% kebutuhan asam folat harian ibu hamil.
Untuk bayi: Bagus sebagai makanan padat pertama, karena tekstur daging buahnya yang halus dan lembut seperti krim. Kandungan lemak “baik” nya membantu mengoptimalkan tumbuh-kembang otak serta sistem sraf pusat bayi.

 
1. Menjaga mata
Jagalah kesehatan mata Anda dengan memakan beberapa potong avokad saat makan siang dan malam. Avokad kaya akan lutein dan zeaxanthin, yakni zat antioksidan yang dapat ditemukan di retina yang dapat menjaga kesehatan mata. Zat itu juga dapat mencegah penyakit yang datang seiring dengan lanjutnya usia, seperti katarak dan degenerasi macula.

2. Melawan kanker
Kandungan avokad dapat membunuh atau menghentikan pertumbuhan sel prakanker yang dapat berlanjut menjadi kanker. Menurut penelitian terbaru, avokad mengandung nutrisi dalam jumlah yang banyak, termasuk folat serta vitamin C dan E.

3. Menambah gizi
Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Ohio menemukan bahwa orang yang menyerap zat lycopene yang terdapat pada tomat yang ditambahkan avokad dapat memperkecil risiko terserang kanker. Hal itu karena lemak yang terdapat dalam avokad menyerap gizi lebih banyak.

4. Mempertahankan bentuk tubuh
Jangan ragu meminum jus avokad atau buahnya langsung sesuai dengan selera Anda, seperti dengan menambahkannya ke roti lapis Anda. Avokad mengandung 4 gram lemak tak jenuh yang baik untuk jantung, 2 gram serat, dan 1 gram protein per ons. 

No comments:

Post a Comment